Indikator kinerja utama (KPI) SEO perusahaan adalah metrik yang digunakan untuk mengukur efektivitas upaya SEO Anda. Mengawasi metrik ini membantu Anda membuktikan nilai dan menunjukkan kesuksesan program SEO Anda.
Anda akan membuat banyak laporan SEO yang berbeda untuk banyak orang di lingkungan perusahaan. Mari kita lihat beberapa laporan yang ingin Anda buat dan metrik yang ingin Anda termasuk di dalamnya untuk orang-orang yang berbeda.
Equate SEO metrics to money untuk eksekutif
Uang adalah apa yang perusahaan peduli. Ini adalah hasil akhir dari semua upaya SEO Anda. Jika Anda dapat menunjukkan bahwa inisiatif SEO Anda memiliki dampak pada laba perusahaan, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak dukungan dan sumber daya.
Anda ingin melaporkan pendapatan, atau metrik lain yang terkait dengan uang. Banyak dari ini akan datang dari data perusahaan Anda sendiri.
Berikut adalah beberapa metrik SEO perusahaan yang terkait dengan uang:
- Pendapatan. Ini adalah angka yang paling langsung. Namun, seringkali sulit untuk mendapatkannya. Dalam banyak kasus, Anda akan menggabungkan data dari banyak sumber dan mengambil kredit sebagian sebagai bagian dari sistem atribusi multi-sentuh.
- Leads yang Dapat Dijual (SQLs). Ini adalah leads yang tim penjualan telah menentukan sebagai calon pelanggan.
- Leads yang Dapat Dijual (MQLs). Leads yang dihasilkan dari pemasaran.
- Konversi. Ketika lead telah melakukan aksi yang Anda inginkan.
- Nilai Masa Aktif Pelanggan (LTV). Rata-rata pendapatan pelanggan yang akan dihasilkan selama masa hidupnya dengan perusahaan.
- Biaya Pembiayaan Pelanggan (CAC). Total biaya untuk mendapatkan pelanggan baru.
- Nilai Kesempatan. Untuk hal ini, Anda biasanya membuat beberapa skenario yang mengatakan jika saya melakukan hal ini, ini adalah apa yang saya perkirakan hasilnya akan menjadi. Jadi, jika Anda ingin melakukan proyek seperti membersihkan redirect, Anda dapat mengatakan ini adalah jumlah tautan yang akan Anda pulihkan, ini adalah nilai tautan atau biaya membeli tautan, dan Anda dapat menentukan nilai angka untuk proyek.
- Return on Investment (ROI). Ini adalah berapa banyak Anda dapatkan kembali dalam bentuk uang untuk investasi yang Anda lakukan setelah menghitung biaya-biaya. Anda mungkin melihat ini sebagai tahunan atau berdasarkan hal-hal seperti nilai masa aktif pelanggan.
- Effisiensi Biaya. Menyelamatkan uang dapat sebanding dengan melihat peningkatan pendapatan. Biasanya Anda akan menemukan sinergi dengan tim PPC dan SEO seperti menggunakan halaman pendaran yang sama untuk kedua-duanya daripada setiap tim menciptakan halaman pendaran sendiri.
Dalam lingkungan perusahaan, Anda akan berjuang dengan tim lain untuk sumber daya atau anggaran. Anda perlu dapat menunjukkan mengapa perusahaan Anda harus menginvestasikan lebih banyak dalam SEO daripada saluran lain. Jika saluran lain lebih baik dalam menunjukkan nilai, maka mereka akan mendapatkan lebih banyak dana yang mungkin dapat digunakan untuk tim dan inisiatif Anda.
Cek panduan kami tentang SEO perusahaan untuk mendapatkan tips lebih lanjut tentang bagaimana sukses di lingkungan ini.
Menggabungkan metrik SEO dengan kompetitor
Salah satu cara untuk mendapatkan dukungan di perusahaan adalah dengan membandingkan situs Anda dengan kompetitor. Ini bergantung pada penjualan emosional. Siapa pun tidak ingin kalah dengan kompetitor!
Jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda kalah atau semakin jauh ketinggalan pada berbagai metrik SEO, maka akan lebih mudah untuk berargumen untuk dana tambahan dan sumber daya untuk melaksanakan proyek-proyek yang Anda percayai akan memiliki dampak terbesar.
Lanskap pasar
Untuk melihat gambaran umum tentang lanskap kompetitor yang menarik, cek Laporan Kompetitor Organik di Ahrefs’ Site Explorer. Ini menunjukkan tiga metrik yang berbeda dalam satu pandangan, termasuk Nilai Lalu Lintas Organik, Lalu Lintas Organik, dan jumlah halaman di situs. Anda juga dapat menggunakan daftar situs yang diatur sendiri untuk visualisasi jika ada beberapa kompetitor yang ingin Anda tunjukkan.
Anda dapat menambahkan perbandingan tanggal seperti tahun ini vs. tahun lalu untuk menunjukkan bagaimana lanskap pasar telah berkembang selama periode waktu tertentu.
Laporan ini juga akan berfungsi dengan lebih dari hanya domain. Anda dapat memasukkan jalur situs atau halaman spesifik jika Anda melaporkan ke kelompok atau tim produk tertentu dan membutuhkan pandangan yang lebih sempit.
Skor SEO kompetitor
Skor SEO kompetitor menawarkan pandangan mendalam tentang kinerja Anda terhadap kompetitor, menampilkan area kekuatan dan area untuk perbaikan.
Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Anda sering melihat skor semua-in-one dengan bagian seperti kesehatan situs, visibilitas, dan tautan. Kali-kali skor ini dibagi menjadi skor individu. Mereka biasanya termasuk perubahan nilai seperti MoM atau YoY.
Beberapa metrik yang Anda mungkin ingin termasuk dalam skor kompetitor:
- Bagian dari Nilai Lalu Lintas (SoTV)
- Bagian dari Suara (SoV)
- Nilai Lalu Lintas
- Lalu Lintas
- Halaman Organik
- Tautan
- Domain Referensi
- Kesehatan Situs
- Core Web Vitals
- Nilai Konten Rata-rata
SoV sering digunakan, tetapi saya merasa perlu menjelaskan SoTV karena saya belum melihatnya disebutkan di mana pun sebelumnya. SoTV mengambil SoV langkah lebih lanjut dengan menghubungkannya dengan uang, yang eksekutif lebih suka. Ini membantu mengidentifikasi bagian dari lalu lintas yang berharga daripada lalu lintas secara umum. Saya percaya bahwa ini adalah metrik yang lebih kuat daripada SoV untuk digunakan dalam pelaporan, tetapi Anda dapat menggunakan keduanya.
Nilai Lalu Lintas adalah apa yang akan Anda bayar untuk membeli iklan untuk semua lalu lintas organik yang Anda dapatkan. Formula untuk menghitung SoTV mirip dengan menghitung SoV. Berikut adalah perhitungannya:
Nilai Lalu Lintas Anda / (Jumlah Nilai Lalu Lintas Anda + Nilai Lalu Lintas Kompetitor Setiap Satu) x 100
Anda dapat melihat SoV dan SoTV untuk hingga 10 domain di Laporan Ringkasan di Site Explorer.
Add Comment