Pengubahan terbaru pada antarmuka pengguna Google telah mempengaruhi jumlah dan kualitas lalu lintas organik situs web.
Contohnya, AI Overviews dan jawaban yang dijual secara massal oleh Google di hasil pencarian berarti bahwa klik di atas funnel atas semakin sedikit mencapai situs web.
Ada juga klik yang semakin sedikit untuk kata kunci bottom-of-funnel karena Google memasuki proses konversi. Misalnya, jika Anda mencari produk apa pun, kemungkinan besar Anda akan melihat fitur-fitur yang biasanya ada di halaman kategori produk, seperti:
- Filter
- Tile produk
- Informasi harga
- Diskon dan promo
- Ulasan
Yang lebih buruk lagi, klik pada tile produk tidak pergi ke penjual. Mereka membuka panel di Google dengan beberapa penjual, termasuk pasar besar, bukan:
Pengubahan-pengubahan ini berarti bahwa sebagai top-of-funnel dan bottom-of-funnel semakin menurun, funnel tengah dapat menjadi senjata rahasia SEO Anda.
Apa yang membuat pemasaran funnel tengah berbeda dari funnel atas atau bawah?
Sebagai refresher cepat, konten funnel atas (TOFU) adalah edukatif dan memenuhi niat pencarian informasi. Konten ini adalah yang paling jauh dari penjualan dalam perjalanan konversi yang biasa.
Konten funnel bawah (BOFU) adalah konten yang digunakan oleh pengguna sebelum melakukan penjualan. Konten ini memenuhi niat transaksional dan biasanya terdiri dari halaman penjualan dan halaman landing produk.
Konten funnel tengah (MOFU) adalah yang tidak jelas.
Tujuan konten funnel tengah adalah:
- Transisi pencarian dari menjadi sadar masalah ke menjadi sadar solusi
- Membantu pencarian membuat keputusan tentang solusi yang tepat
- Meningkatkan kesadaran merek dengan meningkatkan sentuhan merek dengan pencarian
- Membangun kepercayaan merek sehingga ketika orang-orang siap melakukan penjualan, mereka akan memikirkan Anda terlebih dahulu
Ini juga adalah konten yang tidak dapat dengan mudah dijual secara massal di banyak industri, terutama B2B.
6 Ide Konten Funnel Tengah Kreatif dan Cara Menemukannya
Ketika dilakukan dengan baik, konten MOFU dapat menghasilkan return investasi SEO yang lebih tinggi daripada konten TOFU atau BOFU.
Di bawah ini adalah enam ide yang dapat memperkaya strategi Anda dan memanfaatkan kesempatan yang tidak dianggap oleh SEO lainnya. Saya telah menggunakan semua ide ini dengan sukses di kampanye klien, terutama untuk merek B2B di vertikal sempit.
1. Daftar fitur
Daftar adalah jenis konten daftar. Mereka biasanya digunakan dalam pemasaran afiliasi untuk membandingkan produk oleh merek yang berbeda untuk kata kunci seperti “alat penggorengan terbaik” atau “kacamata terbaik tanpa bantuan.”
Situs seperti The Wirecutter menggunakan jenis konten ini sebagai dasar strategi konten mereka.
Namun, kebanyakan situs afiliasi hanya fokus pada membandingkan produk oleh merek yang berbeda, sehingga mengapa jenis konten ini kurang dimanfaatkan oleh bisnis lain, seperti e-commerce dan SaaS, yang tidak ingin menampilkan produk kompetitor di konten editorial mereka.
Opportunitas funnel tengah untuk bisnis e-commerce dan SaaS adalah berpikir di luar membandingkan merek vs. merek dan membuat daftar fitur vs. fitur atau produk vs. produk.
Untuk menemukan kesempatan-kesempatan ini, cari topik utama Anda di Keywords Explorer dan kemudian aplikasikan filter untuk mencakup kata-kata seperti:
- Idea
- Terbaik
- Vs
- Atau
- Or
- Jenis
- Alternatif
- Perbandingan
Sidenote.
Kata-kata yang tepat untuk digunakan mungkin berbeda-beda.
Carilah kesempatan untuk membandingkan produk atau solusi Anda sendiri. Misalnya, toko kostum Fancy Dress memiliki daftar artikel yang menargetkan kata kunci “ide kostum kelompok,” dan setiap ide adalah produk yang mereka jual.
Anda juga dapat membandingkan fitur solusi Anda sendiri. Ini dapat bekerja dengan baik untuk bisnis SaaS. Misalnya, pertimbangkan kata kunci seperti “fitur terbaik aplikasi mobile banking.”
Ini bukanlah skor kesulitan yang paling rendah, tetapi peringkat dapat dicapai oleh merek perbankan dengan otoritas di baliknya.
Yang lebih buruk lagi, peringkat ketiga adalah 403 post yang tidak teroptimasi:
Add Comment